Cara Backup Database Codelgniter

Cara Backup Database Codelgniter
DateJan 16, 2024

HostData.id – Salah satu tindakan yang penting dalam pengembangan aplikasi web adalah backup database Codelgniter. Dalam framework Codelgniter, membuat backup database merupakan langkah yang proaktif dalam melindungi data yang berharga. Dan pada postingan kali ini, kita akan membahas cara untuk melakukan backup database Codelgniter. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Alasan Melakukan Backup Database Codelgniter

Melakukan backup database Codelgniter merupakan hal yang penting guna mencegah kehilangan data. Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa kamu perlu melakukan backup database Codelgniter. Diantaranya adalah.

1. Pencegahan Kehilangan Data

Kesalahan manusia, kegagalan hardware hingga serangan malware bisa membantu kamu kehilangan data yang sangat penting. Sehingga, melakukan backup database menjadi solusinya agar kita bisa memiliki salinan data apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Pemulihan Kegagalan Sistem

Saat terjadi kegagalan sistem ataupun aplikasi, memiliki salinan cadangan database bisa membantu kita dalam melakukan pemulihan akun secara cepat dan mengurangi waktu henti.

3. Pemindahan Aplikasi

Dalam proses pemindahan aplikasi dari server lama ke yang baru atau lingkungan pengembangan, backup database bisa membantu kita untuk mentransfer data dengan aman.

Melakukan Backup Database Codelgniter

Cara Backup Database Codelgniter

Setidaknya ada tiga langkah yang perlu kamu lakukan untuk bisa membuat backup database Codelgniter, yakni.

1. Konfigurasi Database

Lakukan konfigurasi file “database.php” yang ada di “application/config” dengan benar. Jangan lupakan informasi seperti username, password, hostname dan nama database.

2. Buat Controller dan View

Buat juga sebuah controller yang akan menghandle proses backup di direktori application controllers dan view untuk menampilkan pesan atau hasil dari proses backup di direktori application/views.

3. Kode Backup pada Controller

Dalam controller “backup.php“, buatlah fungsi yang bisa melakukan backup database dan pada view “backup_success.php” kamu bisa menampilkan pesan bahwa backup telah berhasil dilakukan.

Itulah cara backup database Codelgniter yang perlu kamu lakukan untuk menjaga keamanan dan ketersediaan data. Ikuti langkah-langkah tersebut agar kamu bisa dengan mudah membuat backup database secara berkala, serta pastikan data kamu tetap aman dan bisa dipulihkan kembali apabila terjadi masalah.

Penutup

Demikianlah ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk kamu yang membutuhkannya.