Beberapa Cara Mengatasi Website yang Overload

Beberapa Cara Mengatasi Website yang Overload
DateDes 25, 2023

HostData.id – Artikel ini akan membahas tentang Beberapa Cara Mengatasi Website yang Overload. Bagi pemilik website tentu sangat penting memastikan web yang kamu miliki mudah di akses dan cepat. Karena sudah banyak terjadi pada saat pengguna ingin mengunjungi suatu web, web tersebut mengalami overload. Kondisi tersebut justru akan membuat citra dari web yang kamu kelola menjadi nilai negatif bagi pengunjung.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi website yang overload tersebut, contohnya menggunakan plugin seperlunya, optimasi gambar dan lainnya. Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, tidak perlu khawatir karena berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap dan mudah kamu pahami.

Cara Mengatasi Website Overload

Sebenarnya cara untuk atasi web yang overload cukup mudah dan gampang kamu pahami. Apabila web kamu biarkan terus – menerus akan mengganggu aktivasi pengunjung web kamu tersebut. Berkut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba gunakan.

1. Gunakan Plugin dan Tema yang Terupdate

Cara pertama adalah memilih tema dan plugin yang akan kamu gunakan. Pastikan untuk memperhatikan fitur dan rating tema dan plugin yang akan kamu gunakan. Pastikan dan selalu melihat kapan terakhir kali tema atau plugin tersebut di update.

Jika update sudah cukup lama, alangkah baiknya kamu hindari. Sebab tema atau plugin yang sudah lama tidak ada update terbaru biasanya memiliki kinerja yang tidak maksimal karena akan adanya bug.

2. Optimasi Gambar

Kedua adalah optimasi gambar yang merupakan salah satu daya tarik sebuah konten agar terlihat menarik karena terdapat tampilan visualisasi. Biasanya pemilik web ingin menampilkan gambar yang terbaik dan jernih, tetapi sering terjadi dan lupa akan gambar yang jernih tentunya memliki resolusi yang tinggi juga.

Ukuran gambar yang terlalu besar dapat memakan resource hosting yang banyak dan tentunya akan membebani server hingga membuat web menjadi overload. Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara optimasi gambar agar ukurannya tidak terlalu besar. Caranya bisa menggunakan resize gambar dengan menggunkan tools yang ada pada internet.

3. Menggunakan Plugin Secukupnya

Kamu sebaiknya menggunakan plugin sesuai dengan kebutuhan saja. Ada beberapa pengguna WordPress yang mengetahui bahwa CMS tersebut menyediakan bermacam macam plugin yang dapat langsung kamu pasang.

Hal itu biasanya membuat pemilik web tergiur untuk mencoba – coba menginstall berbagai macam plugin. Akan tetapi penggunaan plugin yang berlebihan justru akan menyebabkan overload. Solusinya kamu dapat menggunakan plugin wordpress yang memang wajib kamu butuhkan pada web yang kamu kelola.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang Beberapa Cara Mengatasi Website yang Overload. Semoga ulasan dan penjelasan dari artikel ini bisa membantu mengatasi masalah yang kamu hadapi dalam mengembangkan website.