Cara Mudah Mengatasi Kesalahan Koneksi SSL di Android

  • Home
  • Sysadmin
  • Cara Mudah Mengatasi Kesalahan Koneksi SSL di Android
Cara Mudah Mengatasi Kesalahan Koneksi SSL di Android
DateDes 30, 2023

HostData.id – Mungkin sebagian dari kamu pernah atau bahkan baru saja mendapatkan pesan browser “Koneksi Anda tidak pribadi”. Biasanya  hal itu terjadi karena adanya kesalahan koneksi SSL dan akhirnya kita pun tidak bisa mengakses browser. Nah, kali kita akan membahas cara untuk mengatasi kesalahan koneksi SSL di Android dengan mudah. Jadi, jika kamu sedang mengalaminya mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Beberapa Cara Mengatasi Kesalahan Koneksi SSL di Android

Beberapa Cara Mengatasi Kesalahan Koneksi SSL di Android

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba gunakan untuk mengatasi kesalahan koneksi SSL di Android, yakni.

1. Atur Waktu dan Tanggal

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi kesalahan koneksi SSL kamu adalah dengan mengatur waktu dan tanggal dalam perangkat Android kamu. Umumnya kesalahan SSL dikarenakan adanya ketidaksesuaian antara waktu dan tanggal dengan lokasi perangkat. Dimana protokol keamanan pada SSL memblokir akses website sehingga website tak bisa dibuka. Dengan begitu, dibutuhkan pengaturan waktu dan tanggal baru yang sesuai dengan lokasi. Untuk mengaturnya kamu bisa buka menu Pengaturan dan klik opsi Date & Time. Lalu kustomisasi Automatic date and time sehingga menjadi Set Date untuk bisa mengatur waktu dan tanggal pada Android.

2. Atur Jaringan Internet

Kamu juga bisa mencoba cara lainnya yakni dengan mengatur jaringan internet yang tersambung ke Android kamu. Namun, berbeda dengan masalah error SSL yang muncul saat pengguna melakukan konfigurasi proxy atau lainnya, kamu perlu untuk melakukan reset melalui Pengaturan Reset Jaringan yang ada dalam menu Android. Setelahnya kamu bisa buka kembali website untuk melihat apakah cara ini berhasil atau tidak. Karena jika tetap tidak berhasil, maka kamu bisa coba cara selanjutnya.

3. Perbarui Mesin Peramban

Cara selanjutnya adalah dengan memperbarui mesin peramban dengan masuk ke Google Play lalu pilih menu yang akan membawa pada pembaruan aplikasi. Kemudian klik aplikasi yang terinstall dan lihat daftar piranti yang belum kamu update. Jika aplikasi browser termasuk didalamnya, maka kamu bisa klik opsi Update untuk memperbaruinya. Tunggu hingga proses updating selesai, lalu cobalah untuk kembali ke browser.

4. Atur Antivirus

Cara lainnya adalah dengan menyematkan antivirus. Kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus yang memiliki sistem yang mampu memblokir website dengan enkripsi tidak aman. Ada dua kustomisasi yang bisa kamu gunakan, yakni kustomisasi pemindaian koneksi terenkripsi dan menonaktifkan aplikasi antivirus sementara waktu.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kesalahan koneksi SSL di Smartphone yang bisa kamu coba gunakan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi ini.