Pengertian Backlink DoFollow dan NoFollow Pada SEO

  • Home
  • Sysadmin
  • Pengertian Backlink DoFollow dan NoFollow Pada SEO
Pengertian Backlink DoFollow dan NoFollow Pada SEO
DateDes 6, 2023

HostData.idPengertian Backlink DoFollow dan NoFollow Pada SEO. Backlink merupakan tautan yang mengarah pada sebuah halaman website ke halaman lainnya di situs yang sama atau bisa juga ke alamat domain lainnya. Dalam Backlink juga ada dua istilah, yakni dofollow dan nofollow. Lalu, apa pengertian dari keduanya? Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini, karena kita akan membahas pengertian backlink dofollow dan nofollow.

Pengertian Backlink DoFollow

Backlink dofollow merupakan sejenis tautan atau hyperlink yang dapat memberikan nilai SEO pada halaman web yang dituju. Saat sebuah halaman web memiliki backlink dofollow ke domain lain, maka mesin pencari akan mengikuti tautan tersebut dan mentransfer otoritas dari halaman asal ke halaman domain yang terhubung.

Dengan mendapatkan backlink dofollow bisa membantu kamu dalam meningkatkan otoritas domain serta meningkatkan peringkat kata kunci. Secara default, tautan pada website seperti WordPress adalah dofollow sehingga kamu tak perlu lagi menambahkan rel=”dofollow” saat membuat tautan ke sebuah situs web.

Pengertian Backlink NoFollow

Sementara itu, untuk backlink nofollow sendiri merupakan jenis tautan yang memberitahu ke mesin pencari bahwa tautan yang ditujukan tak perlu direkomendasikan atau tak perlu diberikan nilai SEO. Jadi, backlink nofollow ini merupakan kebalikan dari backlink dofollow. Dan untuk menambahkan tautan menjadi nofollow, kamu bisa menambahkan rel=”nofollow” pada kode saat membuat tautan ke sebuah situs web.

Perbedaan Backlink DoFollow dan NoFollow

Perbedaan Backlink DoFollow dan NoFollow

Agar kamu lebih memahami perbedaan dari backlink dofollow dan nofollow, berikut rinciannya.

  • Dofollow mengikuti dan mengalirkan otoritas sementara nofollow tidak atau tidak mengalirkan orotitas.
  • Dofollow bisa meningkatkan peringkat SEO dan otoritas halaman, sementara nofollow tidak berpengaruh pada SEO ataupun otoritas halaman pada website.
  • Dofollow bisa meneruskan link juice ke halaman yang terhubung, sementara nofollow tidak meneruskan link juice.
  • Dofollow bisa diindeks oleh mesin pencari bot sementara nofollow tidak.
  • Untuk menandai dofollow pun biasanya sudah diatur secara default, sementara nofollow tidak sehingga harus menambahkan attribute rel=”nofollow”.

Penutup

Itulah Pengertian Backlink DoFollow dan NoFollow Pada SEO yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat dan menjadi tambahan informasi untuk semua.