Pengertian dan Cara Mengoptimalkan Indexing

Pengertian dan Cara Mengoptimalkan Indexing
DateFeb 6, 2024

HostData.id – Pastinya kamu pernah mendengar istilah Indexing, bukan? Indexing sendiri memiliki dua istilah lain yang juga merupakan tahapan kerja mesin pencarian seperti halnya Google. Dalam proses pengindeksan ini mengarah pada proses analisis konten yang dilakukan oleh mesin pencari sebelum konten tersebut ditampilkan ke pengguna.

Apabila sebuah website tidak terindeks dengan baik, maka bisa membuat website tersebut sulit untuk muncul pada halaman teratas mesin pencari. Oleh karena itu pula, kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai apa yang dimaksud dengan Indexing dan bagaimana cara untuk mengoptimalkannya. Mari langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pengertian Indexing

Indexing merupakan salah satu tahapan kerja pada sebuah mesin pencari. Umumnya, rangkaian kerja mesin pencari terdiri dari tiga tahapan, yakni Crawling, Indexing dan Ranking proses terakhirnya. Pada tahapan Crawling, mesin pencari melakukan crawling terhadap berbagai situs di internet melalui link atau URL yang ditemukannya. Kemudian mesin pencari menyimpan dan mengatur konten dari berbagai situs sebagai bagian dari proses pengindeksan. Setelah itu barulah terjadi proses pemeringkatan yang mana mesin pencari akan menampilkan konten yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna pada halaman hasil pencarian.

Analogi yang bisa kamu contohkan untuk Indexing ini adalah saat mencari database perpustakaan untuk sebuah buku. Umumnya dalam database selalu ada judul buku, nama penulis dan tahun terbit buku. Kamu bisa menemukan buku yang kamu cari di database karena pustakawan telah mengindeks buku tersebut di perpustakaan. Jadi, proses pengindeksan sangatlah penting bagi website yang pada mesin pencari ataupun bagi pengguna yang membutuhkannya.

Mengoptimalkan Indexing

Cara Mengoptimalkan Indexing

Sebagai pemilik situs web, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut untuk mengoptimalkan proses Indexing, yakni.

1. Memanfaatkan Google Search Console

Produk Google ini paling sering digunakan karena bisa dinikmati secara gratis. Kamu bisa memantau Crawling situs web, kesalahan indeks dan keamanan. Bahkan kamu juga bisa memasukkan website kamu untuk lebih mudah di indeks oleh Google.

2. Buat Judul Halaman Pendek dan Bermakna

Buatlah judul halaman yang pendek dan sesuai dengan makna yang ingin disampaikan agar Google lebih mudah memahaminya.

3. Gunakan teks

Gunakan teks untuk menyampaikan konten penting serta hindari menggunakan gambar karena Google lebih mudah memahami teks dibandingkan gambar ataupun video.

4. Gunakan Canonical URL

Canonical URL akan memudahkan mesin pencari untuk menemukan URL utama untuk kata kunci yang kamu temukan sehingga lebih mempercepat keseluruhan proses Indexing konten kamu.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai pengertian dan cara mengoptimalkan Indexing. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi ini.