Pengertian dan Fungsi HTTP

Pengertian dan Fungsi HTTP
DateDes 18, 2023

HostData.idPengertian dan Fungsi HTTP. Pastinya kita sudah tak asing lagi dengan istilah HTTP, terlebih bagi yang beraktivitas di dunia internet. HTTP sendiri menjadi salah satu komponen yang penting dalam dunia internet, mulai dari menjelajah website, mengirim file ataupun menonton video juga dimulai dengan mengakses HTTP. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan HTTP? Dan apa fungsinya? Untuk jawabannya, kamu bisa simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian HTTP

HTTP atah Hypertext Transfer Protocol merupakan istilah yang diberikan pada sebuah protokol dan dipergunakan dalam mengirim dokumen dari WWW atau World Wide Web. Arti lainnya dari HTTP adalah protokol jaringan untuk pendistribusian sistem informasi hypermedia secara kolaboratif. Protokol HTTP sendiri digunakan untuk pertama kalinya pada sekitar tahun 1990 yang mana pada tahun tersebut masih menggunakan versi 0.9 yakni masih berupa mentahan protokol transfer data yang mana data dikirimkan tanpa melihat tipe dokumen yang dikirimkan. Dan pada tahun 1996, protokol HTTP pun dikembangkan menjadi HTTP versi 1.0. Namun versi tersebut masih terus dikembangkan hingga kini.

Pengertian HTTP

Fungsi HTTP

Sebagian banyak orang, masih belum tahu atau memahami apa sebenarnya fungsi dari HTTP yang selalu muncul di setiap laman halaman website. Memang, setiap layanan web pasti menggunakan protokol HTTP untuk bisa berjalan. Namun tak sedikit pula protokol HTTPS yang merupakan variasi dari HTTP.

Fungsi utama dari HTTP sendiri sebenarnya cukup sederhana, yakni untuk mengkomunikasikan satu komputer dengan yang lainnya. Protokol HTTP sendiri bisa diibaratkan seperti perintah wajib yang dijalankan setiap komputer agar bisa mengirim dan menerima pesan. Namun selain HTTP, ada banyak protokol lainnya seperti SMTP, FTP, IMAP atau POP3. Hanya saja, HTTP yang paling populer dan banyak digunakan.

Selain itu, HTTP juga berfungsi dalam menentukan bagaimana sebuah data atau pesan dapat ditransmisikan maupun diformat menjadi bentuk yang bisa merespon browser dalam menampilkan data-data tersebut. Dan Internet Engineering Task Force juga berkerja sama dengan World Wide Web Consortium untuk mengembangkan HTTP, sehingga bisa berfungsi mengambil interlink dokumen teks yang disediakan web, juga mendapatkan akses sumber daya melalui web dengan menggunakan URL.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai pengertian dan fungsi dari HTTP. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.